PERKEMBANGAN TEKNOLOGI


PERKEMBANGAN TEKNOLOGY!!
Oleh: -Navic Makutamas Adyaksa Narendra (19208244008)
         - Renogati 

Banyak contoh musik digital era sekarang yang berformat MP3, WMA, Audio CD, yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi mereka yang hobi mendengarkan musik. Selain Audio CD, MP3, dan WMA, ada juga berbagai macam format musik digital lainnya seperti AAC, WAV, Real Audio, MIDI, dan Ogg Vorbis.

Dengan hadirnya berbagai format musik digital secara tidak sadar telah mengubah kebiasaan manusia dalam mendengarkan musik kesukaan. Jika biasanya mendengarkan musik melalui media berupa CD dan CD player maka kini cukup hanya mengunduh lewat internet dengan berbagai format seperti MP3, AAC, dan WMA, lalu disimpan ke dalam perangkat canggih seperti komputer, iPod, PC tablet, dan smartphone. Tentu jauh lebih mudah dan nyaman serta dapat didengarkan dimana saja
 Dengan adanya iTunes, para pemilik modal dapat menghitung beban biaya produksi
mereka. Contohnya, dengan iTunes, para pemilik modal akan lebih menghemat biaya dari
yang sebelumnya menggunakan bahan mentah seperti material kaset, CD, dan DVD, kini
mereka tidak perlu lagi mengeluarkan beban biaya-biaya tersebut. Para konsumen cukup
mengkoneksikan iphone atau gadget mereka dengan internet dan mengunduh lagu-lagu
favorit mereka. Oleh karena itu, dunia imajiner memungkinkan keberhasilan simulasi
berkat adanya kesenangan, kemudahan, dan kecepatan dalam men-download atau
mengakses produk yang diinginkan.

*Berikut adalah aplikasi musik yang dapat diinstal di google play store yang berhubungan dengan perkembangan teknologi:
Sibelius adalah sebuah program software khusus untuk mengetik notasi musik berupa not balok. Program ini dipakai oleh para penggubah lagu, arranger, musisi, videografer, DJ, penerbit lagu. Biasanya digunakan dalam menggubah atau mengedit musik klasik, jazz, pop, band, dan vokal. Sibelius dapat mengedit partitur dan memainkan hasil lagunya sebelum dicetak. Selain itu, not balok juga dapat ditulis tanpa mengetik tetapi dengan cara memainkan piano atau gitar yang terdapat di dalam program tersebut.[1] Jenis musik yang dapat didengar melalui gubahan Sibelius yaitu alat gesek, alat tiup kayu, brass, perkusi, gitar, piano, vocal, dan lain-lain.
Tuner (Penyetem) Jaman dahulu ada alat penyetem manual, dan setelah berkembangnya teknologi munculah aplikasi tuner yang dapat diakses di Google playstore dengan mudah.
JOOX adalah apliaksi modern yang menyediakan layanan musik gratis. Didalam JOOX kita dapat mendengarkan radio sesuai kehendak, mencari peringkat  teratas dengan cepat, memutar secara acak lagu yang direkomendasikan, menambah lagu favorit dan menikmati layanan hebat lainnya.
Shazam adalah aplikasi yang luar biasa yang membantu kita mencari tahu judul lagu yang kita dengarkan ketika anda sedang mendengarkanya. Hal yang harus anda lakukan hanyalah memegang ponsel Android anda dekat dengan sumber dari bunyi dan tunggu selama lima detik untuk memproses lagunya.
Digital Music (Musik Digital) adalah reproduksi suara dari sinyal digital yang telah dirobah ke asalnya menjadi sinyal analog. Maraknya peralihan teknologi analog ke digital tidak hanya berlaku pada dunia telekomunikasi dan media cetak, tetapi juga pada media siaran dan rekaman (audio) termasuk musik digital. Dengan adanya peralihan tersebut dipercaya dapat mempermudah sekaligus mempersingkat cara kerja dan waktu pengguna.
Spotify adalah layanan streaming musik digital, podcast, dan video yang memberimu akses ke jutaan lagu dan konten lain dari artis di seluruh dunia.
Youtube Setelah berkembangnya teknologi, manusia lebih mudah mencari video untuk digunakan pembelajaran bermusik. Selain digunakan sebagai pembelajaran juga dapat berguna untuk mengunggah video keahlian bermusik juga.


DAN YANG TERAKHIR KAMI AKAN MEMPERKENALKAN ALAT MUSIK YANG SEPERTINYA MUSTAHIL

Ada 6 alat musik yang mungkin belum pernah kalian dengar temen-temen...

1. Tenori-on 

merupakan alat musik elektronik yang berbentuk papan dengan tombol yang hampir memenuhi seluruh bidang. Untuk memainkannya kalian harus bisa membuat pola pola beat yang teratur dengan cara menekan tombol-tombol itu. Tenori-on sangat cocok dimainkan ditempat yang gelap, pasalnya tombol-tombol tersebut menciptakan pola cahaya yang bagus.

2. Eigenharp



Eigenharp adalah alat musik elektronik buatan Inggris yang ditemukan oleh John Lambert. Selama 8 tahun alat musik ini dikembangkan olehnya dan pertama kali dikenalkan pada tahun 2009.
Eigenharp sangat tak lazim dari segala aspek. Cara memegangnya mirip seperti saat bermain gitar, namun suara bisa dihasilkan sungguh beragam. Bahkan Eigenharp bisa dimainkan dengan cara ditiup.

3. Laser Harp

Laser Harp merupakan alat musik elektronik yang merubah sinar laser menjadi bunyi-bunyian. Cara memainkannya pun cukup mudah. Mirip dengan cara memainkan keyboard, kalian hanya harus menaruh tangan di atas sinar hijau yang menyala itu dan bunyi-bunyian pun akan terdengar.

4. Korg Kaossilator


Korg Kaossilator adalah sebuah alat musik elektronik portable yang unik. Namun jangan salah, walaupun bentuknya yang kecil dan hanya berupa papan bertombol, Kaossilator ternyata dapat membuat suara yang dahsyat dan beragam. Alat ini mungkin lazim digunakan oleh para disc-jokey yang sedang 'memanaskan' lantai dansa.

5. The Reactable


The Reactable merupakan alat musik elektronik sentuh yang juga tak kalah unik. Dikembangkan di Barcelona, Spanyol, alat musik ini menghasilkan suara dari sentuhan-sentuhan di atas papan birunya yang menyala.

6. Theremine


Alat musik Theremine sebenarnya bukan hal baru bagi para musisi elektronik. Ditemukan pada tahun 1928 silam, Theremine dapat merasakan pergerakan tangan yang ada di antara sensor dan antenanya. Ya, Theremine memungkin kalian untuk memainkannya dengan tangan tanpa harus menyentuh apapun.


Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini